Rangkaian LED berjalan dan berkedip dengan menggunakan IC At89s51

Rangkaian LED berjalan adalah sebuah rangkaian yang terdiri dari banyak LED yang disusun secara sejajar dan dapat menyala sesuai dengan program yang telah dibuat. Dalam rangkaian ini untuk membuat efek lampu LED bisa menyala seperti berjalan atau bergerak diperlukan komponen lain untuk membantu dalam membuat efek tersebut.

Banyak istilah penyebutan rangkaian ini, biasanya dalam pelajaran rangkaian ini disebut dengan rangkaian Running LED. Pada dasarnya itu sama saja dengan rangkaian LED berjalan. Kemudian juga ada banyak versi rangkaian Running LED ini terutama dalam skema rangkaian dan komponen yang digunakan, biasanya rangkaian Running LED yang sederhana itu tanpa program dan menggunakan IC NE555 dan IC4017.

Namun saya disini menggunakan IC At89s51 yang merupakan salah satu IC mikrokontroler dan untuk membuat efek led berjalan yaitu dengan cara membuat programnya dan memasukkan programnya ke IC mikrokontroler. 


Alasan mengapa saya menggunakan IC mikrokontroler ini adalah karena dengan ic ini saya bisa membuat berbagai macam efek cahaya yang ditampilakan oleh LED dengan menggunakan program dan juga bisa menambahkan komponen lain yang bisa dipadukan dengan LED seperti seven segmen atau komponen lainnya. Sehingga akan terlihat lebih bagus jika di kombinasikan dengan komponen yang lain.

Untuk membuat efek sinar LED yang bisa berjalan atau bergerak diperlukan komponen tambahan yaitu IC Mikrokontroler. IC Mikrokontroler adalah salah satu dari jenis ic pemograman dari atmel yang mampu menyimpan perintah berupa program-program dalam bentuk Hex.

Berikut adalah skema dari rangkaian LED berjalan dengan menggunakan IC At89s51

Dalam rangkaian tersebut saya menggunakan Ic mikrokontroler At89s51 sebagain otak dan pembuat efek LED menyala seperti berjalan atau bergerak. Sumber tegangan yang digunakan untuk menjalankan rangkaian ini sebesar 5V DC, tegangan tersebut sudah maksimal karena untuk tegangan sumber ic tidak boleh melebihi tegangan 5V DC.

Karena sudah terdapat data sheet yang menjelaskan kriteria jenis Ic Atmel At89s51 ini, dan ditetapkan bahwa untuk tegangan sumber minimal 4.6V DC dan maksimal tegangan yang mampu diterima sebesar 5.6V DC. Jika diberikan tegangan sumber yang kurang dari 4.6V maka Ic ini tidak akan menjalankan programnya.

Dan bila Ic At89s51 ini diberi tegangan melebihi batas yang ditetapkan maka yang terjadi ialah Ic ini akan terbakar dan dapat merusak IC ini. Maka tegangan yang cocok untuk menjalankan rangkaian ini adalah sebesar 5V DC.

Selain komponen IC At89s51 dalam rangkaian tersebut terdapat komponen resistor. Resistor ini digunakan untuk menghambat tegangan yang berlebih masuk ke LED. Sehingaa LED mendapatkan tegangan yang pas dan tidak berlebih. Tegangan normal untuk LED adalah 2.5V DC untuk mengatur supaya LED bisa mendapat tegangan 2.5V DC maka diperlukan resistor.

untuk menghasilkan tegangan tersebut diperlukan resistor dengan nilai 220 ohm untuk mendapatkan tegangan yang pas utuk LED supaya bisa menyala dengan baik. Karena tegangan sumbernya 5V DC maka nilai resistor yang cocok ialah 220 ohm. Untuk mencari atau menentukan nilai yang akan digunakan bisa menggunakan rumus fisika.


V = I . R

Dalam rangkaian itu juga saya menggunakan LED sebanyak 16 buah yang masing-masing dari setiap 8 buah LED itu berbeda port dalam IC At89s51, dalam IC At89s51 terdapat 4 port yaitu :

  • port 0 ( digunakan untuk membaca input keluaran dari sensor ataupun komponen lainnya)
  • port 1 (digunakan untuk memasang komponen lainnya bisa berupa LED, motor, dan lain-lain)
  • port 2 (digunakan untuk memasang komponen lainnya bisa berupa LED, motor, dan lain-lain)
  • port 3 (digunakan untuk memasang komponen lainnya bisa berupa LED, motor, dan lain-lain)

jadi yang bisa digunakan untuk menyambungkan LED hanya di port 1,2,3 untuk yang port 0 hanya dikhususkan sebagai input dalam IC At89s51. Dari setiap port terdapat mempunyai kaki IC sebanyak 8 kaki.

Selain itu rangkaian LED berjalan ini terdapat rangkaian tambahan yang disebut rangkaian SISMIN (Sistem Minimum). Rangkaian ini terdiri dari komponen Crystal, resistor 10k ohm, 2 buah capasitor 22pf non polar dan 1 buah kapasitor 10uf elektrik atau polar.

Rangkaian sismin ini berfungsi sebagai jantung dari IC At89s51, karena jika IC at89s51 tidak dilengkapi dengan rangkaian ini maka IC ini tidak menjalankan programnya dan juga tanpa rangkaian sismin IC At89s51 tidak bisa dimasukkan program. Jadi bisa dibilang jika ada IC At89s51 maka ada rangkaian sismin.

Kemudian untuk IC mikrokontroller At89s51 agar bisa membuat efek running led atau led berjalan pada rangkaian diatas maka diperlukan sebuah program. Program yang dimasukkan ke dalam IC mikrokontroller At89s51 berbentuk kode hexa. Tetapi dalam proses pembuatannya menggunakan bahasa assembler. 


Berikut adalah program yang digunakan untuk membuat rangkaian running led atau led berjalan :


org 00h
start :
mov p1,#11111110b
mov p3,#00000000b
acall delay
mov p1,#11111101b
mov p3,#11111111b
acall delay
mov p1,#11111011b
mov p3,#00000000b
acall delay
mov p1,#11110111b
mov p3,#11111111b
acall delay
mov p1,#11101111b
mov p3,#00000000b
acall delay
mov p1,#11011111b
mov p3,#11111111b
acall delay
mov p1,#10111111b
mov p3,#00000000b
acall delay
mov p1,#01111111b
mov p3,#11111111b
acall delay
sjmp start

delay :
mov r0,#2

delay1:
mov r1,#255

delay2:
mov r2,#255

djnz r2,$
djnz r1,delay2
djnz r0,delay1
ret
end

Silahkan copy kode program diatas lalu pastekan di note pad kemudian save dengan kode.asm ganti tulisan kode dengan kalimat atau kata yang kalian sukai, kemudian jangan hapus format (.asm) karena untuk menyimpan program ini harus dalam bentuk kode assembler.


Kemudian jika ingin menguji coba rangkaian ini dan programnya maka harus menggunakan aplikasi atau software proteus. Karena software proteus adalah software yang digunakan untuk membuat dan merancang skema rangkaian elektronik dan juga bisa digunakan untuk melakukan simulasi pada rangkaian yang sedang dibuat. 

Untuk maksimal banyaknya LED yang bisa di pasang dalam rangkaian ini adalah 24 buah jadi lumayan banyak bukan ? untuk membuat rangkaian LED berjalan, akan terlihat bagus rangkaian ini jika dinyalakan saat malam hari.&nbsp




Baiklah mungkin segini saja pembahasan dari artikel ini semoga bermanfaat dan juga apabila ada kesalahan dalam penulisan seperti kesalahan huruf mohon dimaafkan. Apabila ada yang ingin ditanyakan bisa memberikan komentarnya.

Comments

  1. Kalo LED nya diganti jadi Seven Segment trus diprogram untuk membuat angka 1-9 bisa ga gan?

    ReplyDelete
  2. Saya pengen praktek ini tapi belum bisa sampai sekarang, karena keterbatasan alat, dulu pernah nyoba, tapi belum sempat berhasil

    ReplyDelete
  3. akhirnya dapat juga artikel membahas rangkaian LED berjalan dan berkedip dengan menggunakan IC At89s51 , makasih sangat membantu sekali artikelnya .

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led