Pengertian musik daerah musik rakyat dan musik klasik serta fungsinya


Budaya daerah di Indonesia sangat beragam, termasuk seni musiknya. Seni musik daerah biasanya merupakan bagian dari adat dan upacara adat daerah setempat. Setiap daerah mempunyai musik daerah yang khas dan memiliki ciri-ciri yang berbeda antar daerah. Berikut adalah ragam musik daerah setempat.

1. Pengertian musik daerah setempat


Musik daerah adalah musik yang lahir dan berasal dari suatu daerah tertentu yang mempunyai ciri khas tentang daerah tersebut. Musik daerah juga termasuk dalam musik tradisi yang dimiliki oleh suatu daerah tertentu. Dengan demikian juga dengan musik tradisi yang merupakan bagian dari karya seni. Kita harus mencintai dan menjaga kelestarian musik daerah (tradisi), agar selalu ada keberadaanya.

Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam seni tradisi sebagai berikut :


  1. Seni tradisi sebagai alat ekspresi untuk mencetuskan, mengeluarkan isi hati, ide dan gagasan secara spontan. 

  2. Seni tradisi dapat berkomunikasi dengan masyarakat karena merupakan salah satu media berkomunikasi

  3. Musik tradisi umumnya berisi permaian yang dapat dijadikan permainan bagi anak-anak maupun dewasa. Musik tradisi juga mengandung nilai-nilai budi pekerti yang luhur, karena didalamnya berisi ajaran sikap perilaku yang baik ajaran agama, pesan estetika, cerita tentang keteladanan yang bersifat penuh kesederhanaan (lagu, lirik, nada dan iramanya atau alatnya mengagumi rasa cinta tanah air).

2. Pembagian musik menurut sifat dan keberasalan musik tradisi


Pembagian musik menurut sifat dan keberasalannya dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

a. Musik rakyat 


Musik rakyat merupakan music daerah yang lahir, hidup dan berkembang di tengah-tengah rakyat. Musik ini disukai oleh rakyat, biasanya tumbuh tersebar sampai ke rakyat jelata. Musik rakyat lahir diolah oleh masyarakat pedesaan sebagai perwujudan hidup rakyat. Kehidupan mereka akrab yang terlihat dalam lagu-lagu dan musiknya meriah serta melibatkan banyak orang dalam pertunjukan.

b. Musik Klasik

Musik tradisional klasik merupakan musik rakyat pilihan yang dikembangkan di pusat-pusat pemerintahan masyarakat lama seperti ibukota kerajaan atau kesultanan. Sekarang banyak dari ibukota lama menjadi pusat pembinaan seni budaya daerah.


Adapun perbedaan antara musik rakyat dengan musik klasik. Berikut adalah beberapa perbedaannya :


Musik rakyat adalah musik yang lahir secara turun temurun dan biasa didengarkan oleh rakyat biasa yang berasal dari pedesaaan. Sedangkan musik klasik adalah musik yang berasal dari kerajaan atau istana dan biasanya didengarkan oleh anggota keluarga kerajaan.

3. Ragam musik daerah setempat


Musik daerah tidak dapat lepas dengan lagu-lagunya, keduanya saling berkaitan. Lagu daerah disebut juga lagu rakyat artinya lagu yang berasal dan lahir dari tradisi rakyat atau budaya daerah setempat. 


Negara kita kaya akan lagu daerah. Setiap daerah mempunyai lagu daerah yang berbeda. Hal ini akan memperkaya kebudayaan bangsa kita. Lagu-lagu daerah pada umumnya dipelajari dari anggota keluarga, tetangga, dan masyarakat sekitar dan diwariskan secara turun temurun. Misalnya orangtua kepada anak-anaknya dan kakek atau nenek kepada cucu-cucunya.

Lagu daerah tidak dikenal siapa penciptanya karena lagu tesebut adalah milik bersama. Setiap orang dapat dengan mudah menyanyikan lagu daerah tersebut tanpa harus mempelajari sebuah lagu dan tidak diperlukan pengetahuan tentang musik.

Adapun ciri-ciri lagu daerah sebagai berikut :


  • Lagu dan musik daerah bersifat sederhana
  • Jarang diketahui siapa nama penciptanya
  • Mengandung unsure kebersamaan dan sosial
  • Menggambarkan keadaan kehidupan masyarakat dan lingkungan alam
  • Isi lagu daerah keadaan masyarakat yang dijiawi budaya daerah setempat.

4. Fungsi musik daerah


Secara umum musik berfungsi sebagai media hiburan (reaktif) untuk meninggalkan kepenatan dan keletihan dalam aktivitas sehari-hari. Berikut merupakan fungsi musik daerah antara lain sebagai sarana upacara adat, pengiring tari, iringan pertunjukkan, media komunikasi, media penerangan, serta media bermain.




Baiklah mungkin hanya sampai sini saja pembahasan mengenai pengertian musik daerah, musik rakyat dan musik klasik serta fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan juga mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan yang ada di dalam artikel ini. Terima kasih sudah berkunjung :D

Comments

  1. bagus nih buat tugas sekolah kalo bisa dikasih gambar juga gan biar lebih jelas

    ReplyDelete
  2. Wah thanks ya gan! Kebetulan disekolah lagi belajar tentang musik daerah😆

    ReplyDelete
  3. Manteb bener gan, kebetulan di daerah saya sering mendengar kata musik, tetapi velum memahami bagaimana kita memanjakan musik dan buat kita bahagia. Thanks infonya

    ReplyDelete
  4. Refrensinya Bagus buat dasar pengenalan dan pemahaman musik..nice info gan trims..

    ReplyDelete
  5. setiap daerah di Indonesia punya citra rasa tersendiri mengenai musik, sampai2 bule luar negeri suka sama gamelan.

    ReplyDelete
  6. Yang luar ngelirik lokal, tapi yang loka malah melupakan... Artikel yang bagus, untuk mengingatkan musik indonesia

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led