Karya seni tari berpasangan atau berkelompok

Tidak dipungkiri lagi bahwa Indonesia sangatlah kaya akan budaya dan alamnya yang sangat indah. Salah satu budayanya yaitu tarian-tarian daerah yang jumlahnya sangat banyak yang tersebar di seluruh pelosok daerah. Dari setiap daerah memiliki ciri khas tarian masing-masing dan mempunyai makna tersendiri. Dari banyaknya tarian daerah di Indonesia dapat di kelompokkan menjadi tari berpasangan dan tari berkelompok.

Tari pendet dari Bali Indonesia
Tari pendet dari Bali Indonesia

Unsur utama dalam seni tari adalah gerak. Gerak tari adalah gerak tubuh manusia yang mengandung unsur keindahan. Unsur-unsur tari antara lain, volume, ruang, dan waktu. Volume dapat diartikan sebagai besar kecilnya gerak suatu tari. Ruang adalah tempat yang luas untuk melakukan gerakan tari. Adapun waktu adalah lamanya gerak tari dibawakan. Seorang penari harus bisa mengetahui dengan pasti tentang volume, ruang, dan waktu yang digunakan untuk menari.


1. Tari berpasangan atau duet



Tari berpasangan adalah tari yang dilakukan oleh dua orang penari dengan karakter yang tidak selalu sama, yang terpenting adalah gerakannya saling berhubungan atau ada keterpaduan jalinan gerak antara keduanya. Persiapan membawakan bentuk tari berpasangan sama dengan persiapan dalam membawakan tari tunggal, ditambah keterlatihan dengan pasangan tari untuk mewujudkan keserasian atau keharmonisan.

Ciri-ciri tari berpasangan adalah gerakan saling mengisi dan melengkapi, ada respons gerakantara kedua penari, dan adanya ketepatan gerak menuju pergantian formasi. Berikut macam-macam bentuk gerakan dalam tari berpasangan.


  1. Bentuk gerakan harmonis
    Bentuk gerakan harmonis yaitu gerakan tarian yang sama persis dengan arah gerakan, dinamika, dan tempo antara penari yang satu dan penari yang lain.

  2. Bentuk gerakan berlawanan atau kontras
    Bentuk gerakan berlawanan atau kontras yaitu gerakan tarian yang berbeda arah, dinamika, dan tempo antara penari satu dengan penari yang lainnya.


Contoh tari berpasangan di Indonesia sebagai berikut.



  • Sumatera  : tari piso surit, tari payung, tari tempurung, dan tari piring.
  • Sulawesi   : tari maengket.
  • Bali           : tari oleg tambulilingan, dan tari jogged bumbung.


2. Tari berkelompok



Tari berkelompok adalah tari yang dilakukan oleh tiga orang atau lebih secara berkelompok. Tari berkelompok membutuhkan kerjasama yang baik, kekompakan gerak, dan permainan komposisi yang sangat menentukan. Gerakannya tidak selalu sama, tetapi merupakan satu jalinan untuk mencapai keterpaduan.

Ada dua macam tari kelompok. Yaitu :


  1. Tari kelompok tanpa dialog
    contohnya tari bedhaya, tari serimpi dan sendratari

  2. Tari kelompok berdialog
    Tari kelompok berdialog terdiri atas dua macam.
    • Tari berdialog prosa, contohnya wayang orang
    • Tari berdialog tembang, contohnya langendriyan


Ada pula yang disebut dengan tari massal, yaitu tari berkelompok yang dilakukan oleh banyak penari (puluhan bahkan ratusan) dengan ragam gerak yang sama. Antara penari yang satu dan yang lain tidak ada jalinan gerak yang saling melengkapi. Busana atau kostumdapat dibuat seragam atau berbeda dengan pembagian disesuaikan dengan komposisi dan pola lantainya.

Contoh tari berkelompok di Indonesia sebagai berikut :

  • Bali     : tari kecak (massal) dan tari janger.
  • Jawa   : tari dawung, gambyong, golek, jaranan, dan seblong
  • Sunda : tari ngaseuk dan tari tarawangsa.

Berikut adalah macam-macam keunikan seni tari berpasangan atau berkelompok di Indonesia



  1. Tari Payung

    Tari payung adalah tarian khas Melayu yang ditarikan secara berpasangan, baik oleh dua orang penari putra atau putri. Terkadang tari ini ditarikan oleh lebih dari dua orang, namun dengan koreografi yang tetap berpasangan. Keunikan tari ini terletakpada sahut-menyahutnya gerak tangan, tubuh, dan kaki yang lincah.

  2. Tari Karonsih

    Tari karonsih adalah tari kreasi baru berdasarkan tari klasik yang ditarikan secara berpasangan oleh seorang penari putra dan seorang penari putri. Tema tari karonsih adalah percintaan. Keunikan gerak tari ini terletak pada sahut-menyahutnya gerak tangan dan tubuh berkesan erotis.

  3. Tari Bedhaya

    Tari bedhaya merupakan tari klasik yang ditarikan oleh tujuh orang atau sembilan penari putri dengan karakter tari putri halus, pakaian kembar, dan tidak menggunakan antawecan (percakapan). Awalnya ditarikan oleh tujuh orang untuk melambangkan jumlah bidadari di kahyangan, kemudian menjadi sembilan orang karena pengaruh agama Islam (disesuaikan dengan jumlah wali). Tarian ini hanya dipertunjukkan di kalangan istana.

  4. Tari Srimpi

    Tari srimpi juga merupakan tari klasik atau tari tradisi keraton yang hanya di pertunjukkan di lingkungan istana. Ditarikan oleh empat orang penari putri dengan karakter putri halus, pakaian kembar, dan tidak menggunakan antawecana. Pada umumnya merupakan tarian penjamuan resmi, namun ada pula yang disakralkan, yaitu tari Srimpi Anglirmendung. Tarian ini hanya ditarikan pada saat kemarau panjang dengan harapan setelah tarian selesai akan segera turun hujan.

  5. Tari Gambyong

    Tari gambyong merupakan tari tradisi dari Surakarta yang biasanya dipertunjukkan dalam resepsi pernikahan, upacara penghormatan tamu, pentas seni, dan sebagainya. Tari gambyong menggambarkan seorang remaja yang berhias diri, ditarikan oleh sekelompok penari putri. Busana tari gambyong terdiri atas kain jarik model wiru dengan angking dan gelung malang.

  6. Tari Golek

    Tari golek bertemakan seorang remaja putri yang tengah berhias diri. Ditarikan secara berkelompok dengan busana terdiri atas jarik yang berwiru disamping, baju rompi, dan berjamang.



yaa sekian dari penjelasan artikel ini, semoga bermanfaat dan juga dapat membantu kita untuk lebih mengenal tarian dan budaya di Indonesia. Serta untuk mengingatkan kepada kita bahwa budaya yang ada di Indonesia ini harus di jaga dan dilestarikan, jangan sampai budaya kita dicuri oleh Negara lain. Terimakasih sudah berkunjung :D

Comments

  1. wah lumayan gan buat tugas seni budaya gw thankss

    ReplyDelete
  2. Thanks gan lengkap banget penjelasan nya, jadi sekarang bisa bedain

    ReplyDelete
  3. Ijin save buat besok ada tugas

    ReplyDelete
  4. Indonesia sungguh kaya akan seni tari. Mudah2an tidak lekang dimakan waktu

    ReplyDelete
  5. Makasih gan, kebetulan tugas ane juga cari pengertian dari tari" diatas :)

    ReplyDelete
  6. indonesia banget...keren gan...terus menulis tentang budaya indonesia...love it

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led