Penerapan sensor cahaya sebagai security alarm dirumah

Dalam pos sebelumnya saya sudah memberikan cara dalam membuat sensor cahaya sederhana. Namun kali ini saya akan membahas penerapan sensor cahaya atau aplikasi sensor cahaya dalam bidang keamanan.

Penerapan sensor cahaya sangatlah banyak selain sebagai sensor lampu, penerapan sensor cahaya yang lainnya yaitu sebagai security alarm.

Pembuatan rangkaian sensor cahaya security alarm ini sangatlah mudah dan tidak memerlukan banyak komponen dan juga tentunya tidak mengeluarkan biaya yang mahal.

Baiklah mari kita bahas pembuatannya..

Bahan dan komponen yang dibutuhkan yaitu :
1. Batre 5V DC atau PowerBank atau cargher HP (1 buah)

2. Resistor 220Ohm (1 buah)

3. LED (1 buah)

4. Sensor LDR 10kOhm (1 buah)

5. Potensiometer atau trimpot 10kOhm (1 buah)

6. Transistor FCS9013 (1 buah)

7. Dioda 1n4002 (1 buah)

8. Relay 5V DC (1 buah)

9. Buzzer (1 buah)

10. Papan PCB (1buah)

11. Kabel (Secukupnya)

12. Kayu atau papan sebagai dudukan rangkaian (secukupnya)

Berikut adalah skema sensor cahaya sebagai security alarm :

Dari skema diatas dijelaskan bahwa rangkaian sensor cahaya sebagai security alarm ini menggunakan tegangan sumber sebesar 5V DC. 

Sumber tegangan boleh menggunakan batre atau power bank atau juga bisa menggunakan charger hp. Ini dimaksudkan agar kita bisa lebih irit jadi tidak perlu beli batre lagi.

Sensor LDR dari skema tersebut berfungsi sebagai pembaca cahaya, Transistor sebagai saklar listrik untuk memutus dan menyambungkan arus ke Relay, kemudian Relay berfungsi sebagai saklar untuk memutus dan menyambungkan Buzzer, dan LED berfungsi sebagai senter untuk sensor LDRnya

Pemasangan rangkaian ini bisa di letakkan di samping pintu (dari dalam rumah) dan pemasangan LED nya bersebrangan dengan rangkaian ini. Posisi sensor LDR harus berhadapan dengan LED.

LED ditaruh di samping pintu yang dekat dengan gagang pintunya, sedangkan sensor LDR di letakkan di samping pintu satunya lagi jadi harus berhadapan dan tegak lurus dengan posisi dari LED tersebut kemudian Buzzernya bisa diletakkan di mana saja asalkan bunyi dari Buzzer bisa terdengar oleh kita. (contoh di letakkan pada ruangan tengah rumah)

Prinsip kerja dari rangkaian tersebut adalah :

Saat sensor cahaya atau LDR dalam kedaan terkena cahaya maka Buzzer tidak akan mengeluarkan suara, ini di karenakan posisi pintu rumah yang masih tertutup jadi sinar dari LED masih bisa menyinari sensor LDR. 

Sebaliknya saat sensor cahaya atau LDR dalam keadaan gelap maka Buzzer akan mengeluarkan suara, ini dikarenakan posisi pintu rumah yang terbuka atau bergerak dari keadaan tertutup menjadi terbuka.

Hal ini menyebabkan sinar dari LED terhalang oleh pintu rumah sehingga sensor LDR akan dalam keadaan gelap, saat keadaan seperti ini maka Buzzer akan bersuara.

Maksud dari pembuatan rangkaian sensor cahaya sebagai security alarm ini adalah untuk meningkatkan keamanan didalam rumah.

Karena akhir-akhir ini banyak sekali rumah yang tidak menggunakan alat yang dapat memberitahukan kita apabila ada seseorang yang tak dikenal masuk kedalam rumah. 

Rangkaian ini dapat memberitahukan kepada kita apabila ada seseorang yang tak dikenal masuk ke rumah dengan membunyikan alarm.


Yaa baiklah sekian dari penjelasan artikel ini semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk memberikan komentar apabila ada yang ingin ditanyakan ataupun bisa juga memberikan masukkan bagi saya agar saya bisa menjadi lebih baik lagi dalam menulis. Karena artikel ini tentunya masih jauh dari kata sempurna. Terimakasih sudah berkunjung :)

Comments

  1. nice info gan jadi bertambah wawasan nya

    ReplyDelete
  2. Flasback sama pelajaran waktu sekolah...

    ReplyDelete
  3. Hahaha pelajaran sekolah jangan dilupain gan, pasti berguna kedepannya

    ReplyDelete
  4. ini kayak di pilem-pilem tom cruise yak hehe.

    ReplyDelete
  5. Akhirnya ketemu juga yang saya cari, untuk menjaga keamanan rumah, tentunya kita membutuhkan sesuatu kemanan yang ketat dan tidak mudah di jebol. Terimakasih mas wahyu

    ReplyDelete
  6. wah ane baru tau nih, btw caranya ane coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba gan buat rumah agan jadi anti maling :D

      Delete
  7. Wah bagus nih bisa buat anti maling, kebetulan rumah ane di pedesaan gelap juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh gelap gtu ngeri maling gan, mending pasang aja rangkaian ini

      Delete
  8. Mantap sangat kreatif gan, saya mau coba lah nanti hehe, izin bookmark gan

    ReplyDelete
  9. Silahkan dicoba gan 😁 trimakasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  10. Nice artikel gan, lumayan buat nambah wawasan? Hehehe
    Ditunggu postingan berikutnya

    ReplyDelete
  11. ijin coba ya gan bermanfaat banget

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. Hahaha ikuti langkah2nya aja dulu gan baru klo ada yg g ngerti boleh nanya.. 😁

      Delete
  13. keren kalau rumahku pakai beginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas gan, rumah agan jdi punya keamanan tersendiri dibanding rumah yg lain

      Delete
  14. Ini bisa jadi ilmu baru, nice post Gan

    ReplyDelete
  15. wih keren gan, bisa dicoba nih di rumah :D

    ReplyDelete
  16. saya sudah menyiapkan bahan bahan diatas dan mempraktekannya di rumah, namun saat saya mempraktekannya memang berhasil namun saya tak bisa mematikannya, apakah ada yang salah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin maksudnya agan gmn cara matiin suara alarmnya ya? Nah Klo untuk mematikan bunyi alarmnya itu sudah otomatis gan karena jika ldr terkena cahaya dri senter maka alarm akan berhenti mengeluarkan suara. Jika alarm masih berbunyi mungkin kesalahan terletak pada penempatan sensornya gan, bisa jdi sensor ldrnya terhalang benda lain yg membuat ldr tdk menerima cahaya kembali dari senter.

      Delete
  17. Tambah keren kalau rumah dipakai in sensor tambah aman pula

    ReplyDelete
  18. wah jadi anti maling rumahnya. Bermanfaat bgt gan

    ReplyDelete
  19. Sory gan mau nanya, kalo kebalikannya gimana, bila sensor terkena cahaya akan berbunyi untuk digunakan dilemari.. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutin gambar skema rangkaian diatas saja. Sebenarnya rangkaian diatas itu apabila ldr terkena cahaya maka buzzer akan bunyi. Nah kalo kita mau dlm keadaan sebaliknya... ldr gelap buzzer bunyi kita tinggal rubah posisi ldr dirangkaian tersebut. Rubah posisi ldr yg tdinya diatas resistor jdi dibawah resistor..

      Delete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led