Pengertian Sensor dan Tranduser


Pada kesempatan kali saya akan membahas tentang sensor dan tranduser pada rangkaian elektronika. Artikel yang saya tulis disini berasal dari buku tulis saya pelajaran elektronika ketika saya masih duduk dibangku sekolah menengah kejuruan dan juga saya tidak tahu menahu dari mana sumbernya. Saya juga tidak berniat menjiplak, apabila terdapat kesamaan artikel ini dengan artikel lain mohon dimaafkan karena saya hanya ingin membagi ilmu yang saya dapatkan saat duduk di bangku SMK.

Baiklah tanpa basa-basi lagi langsung lanjut saja ke pembahasannya..

Siapa sih yang gak punya barang elektronik dirumah?, hmm tentunya pasti punya kan atau jika memang tidak memiliki anda pasti pernah meilhat barang elektronik tersebut. Barang elektronik sangat mudah dijumpai dalam kehidupan kita contohnya seperti robot, televisi, hand phone, AC, kulkas, DVD atau VCD player, dan lai-lain.

Nah setiap barang elektronik pasti memiliki suatu rangkaian elektronik dan didalamnya biasanya terdapat komponen elektronika yaitu sensor dan tranduser. Tetapi tidak semua barang elektronik dilengkapi dengan komponen sensor dan tranduser, karena pembuatan barang elektronik biasanya menyesuaikan dengan fungsi dan kegunaan dari barang elektronik tersebut. 

Salah satu barang elektronik yang dilengkapi sensor dan tranduser adalah Televisi. Misalnya saat kita ingin menyalakan televisi kita menggunakan remote TV untuk menyalakan televisinya. Kemudian kita pencet tombol power pada remote TV dan TV pun langsung menyala secara ototmatis. 

Loh kok bisa gitu? Karena didalam remote TV terdapat rangkaian sensor yang digunakan untuk menyalakan atau mematikan televisi ataupun untuk mengatur televisi dan dalam televisi terdapat penerima masukkan sensornya. Sensor pada remote TV bebentuk seperti LED dan penerima masukkan dari sensornya pada TV berbentuk bulat biasanya letaknya dekat dengan tombol power atau volume. Coba deh kalo gak percaya bisa diliat sendiri TV maasing-masing hehehe... :D berikut adalah pengertian dari sensor dan tranduser

Pengertian Sensor dan Tranduser

Sensor adalah komponen elektronika yang dapat digunakan untuk mengkonversi suatu besaran tertentu menjadi satuan analog sehingga dapat dibaca oleh suatu rangkaian elektronik. Sensor merupakan komponen utama dari suatu tranduser. Sedangkan

Tranduser adalah sistem yang melengkapi agar sensor tersebut mempunyai keluaran sesuai yang kita inginkan. Sensor sering digunakan untuk pendeteksian pada saat melakukan pengukuran atau pengendalian. Dalam penerapannya biasanya sering dipakai dalam sitem pengendali dan robotika.

Sensor dalam teknik pengukuran dan pengaturan secara eletronik berfungsi mengubah tegangan fisika (misalnya: Temperatur, Gaya, Cahaya, Kecepatan Putaran) menjadi besaran listrik yang proposional. Secara umum berdasarkan fungsi dan penggunaannya sensor dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Sensor Thermal (panas)


Sensor Thermal adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi gejala perubahan, (panas/temperature/suhu) pada suatu dimensi benda atau dimensi ruang dimensi tertentu.
Contoh sensor : bimetal, termistor.

2. Sensor Mekanis


Sensor Mekanis adalah sensor yang mendeteksi perubahan gerak mekanis, seperti perpindahan atau pergeseran posisi, gerak lurus dan melingkar, tekanan, aliran, level, dan sebagainya. 
Contoh sensor : Linear Variable Defenitial Transformer (LVDT), Load Cell, Bourdon Tube, dan sebagainya.

3. Sensor Optik (cahaya)


Sensor Optik atau cahaya adalah sensor yang mendeteksi perubahan cahaya dari sumber cahaya, pantulan cahaya ataupun bias cahaya yang mengenai benda atau ruangan. 

Contoh sensor : Photo Cell, Photo Transistor, Photo Diode, LDR, Photo Voltaic, Photo Mulitiplier, Pyrometer Optic, dan sebagainya.


Nah sekarang sudah tau kan apa itu sensor dan tranduser, beserta macam-macam sensornya. Jadi gak usah bingung lagi kalo ada pertanyaan dari guru tinggal jawab saja. Yaa walaupun hanya sedikit yang saya share disini semoga anda sudah mengerti dan paham. Mugkin hanya segini saja dari pembahasan artikel ini semoga bermanfaat :D

Comments

  1. Thx gan artikelnya bermanfaat bgt buat tugas saya hehe

    ReplyDelete
  2. Wawasan baru nih, makasih Gan...

    ReplyDelete
  3. Jadi ngerti apa itu sensor dan tranduser, trims infonya gan

    ReplyDelete
  4. baru tau tranduser dipostingan ini, infonya menarik lanjutnya

    ReplyDelete
  5. Pengetahuan baru nih buat saya.. Terimakasih atas wawasannya
    Akan sangat berguna buat kami.

    ReplyDelete
  6. Jadi gitu tokoh tanks gan infonya

    ReplyDelete
  7. min kalo sensor di ps 1-2, bentuk nya kyk mata gtu ya ? warna biru.

    ReplyDelete
  8. Sangat bermanfaat, ditunggu post berikutnya. ☺

    ReplyDelete
  9. Nice artikel gan bs nambah informasi ne hehehehe.
    Mantap

    ReplyDelete
  10. type sensor lain ada kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak gan tapi yang saya bahas disini hanya sebagian saja dan juga sensor yang saya bahas ini berdasarkan penggunaan tipe sensor yang umum dan paling sering digunakan.

      Delete
  11. Terima kasih untuk artikelnya, saya menjadi lebih tahu lagi mengenai Sensor dan Tranduser. Sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  12. Makasih banyak, artikelnya sangat membantu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led