Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

ASSALAMUALAIKUM.. ^_^ kali ini saya memposting bagaimana cara mengatasi masalah susah tidur atau insomnia. Soalnya banyak banget nih yang pernah ngalamin susah tidur atau insomnia ini terutama temen2, keluarga, ataupun kamu yang lagi baca hehehe… :D



Ada banyak cara dalam mengatasi penyakit insomnia ini, salah satunya dengan membeli obat insomnia di apotik ataupun dengan menerapkan pola hidup sehat, karena dengan menerapkan pola hidup sehat kita akan terhindar dari berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh kita :D dan saya akan memberikan beberapa tips mengatasi sulit tidur tanpa obat.

Baiklah tanpa basa-basi lagi inilah cara mengobati insomnia :

1.Berolahraga secara teratur


Beberapa penelitian menyebutkan berolahraga secara teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olahraga sebaiknya dilakukan di pagi hari bukan beberapa menit menjelang mau tidur -_- . Dengan berolahraga kesehatan menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang mucul dengan lebih baik.

Ada banyak jenis olahraga yang dapat membantu mengatasi gangguan kurang tidur. Beberapa jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan yaitu seperti lari pagi atau jogging, bisa juga bermain badminton, ataupun melakukan senam pagi. Usahakan untuk rutin melakukan olahraga paling tidak minimal seminggu sekali anda harus melakukan olahraga.

Saat berolahraga pun waktu yang dihabiskan untuk berolahraga jangan terlalu lama atau berlebihan dalam berolahraga. Tentunya jika anda berlebihan dalam berolahraga tubuh akan mengalami kelelahan yang berlebihan dan tentunya hasil yang didapat untuk dari olahraga tersebutpun akan sia-sia.


2.Buat dirimu senyaman mungkin


Dalam hal ini untuk mengatasi gangguan tidur bisa dengan cara membuat diri kita menjadi nyaman. Karena bila diri kita nyaman tentunya akan lebih mudah untuk melakukan istirahat atau tidur.

Untuk membuat diri kita nyaman agar bisa tidur dengan mudah cobalah tidur dengan barang yang anda sukai misalnya seperti boneka, atau benda-benda yang dapat membuat diri kita menjadi nyaman.

Kesulitan untuk tidur juga mungkin bisa disebabkan karena ruangan yang kita pakai untuk beristirahat atau tidur tidak nyaman untuk kita. Usahakan agar tempat atau kamar tidur kamu senyaman mungkin, hindarkan laptop atau gadget lainnya dari tempat tidurmu dan matikan lampu sebelum tidur.


3.Ikuti pola tidurmu secara alami


Malam hari adalah waktu alami untuk seseorang tidur, dan saat di siang hari kamu jangan terlalu sering tidur siang, karena bisa menyebabkan kamu kembali susah tidur di malam hari. Usahakan untuk melakukan aktivitas yang santai seperti baca buku, mendengarkan musik, atau kegiatan lainnya. Jadi cobalah ikuti aturan alami tubuh, yaitu tubuh mulai tertidur di malam hari.


4.Jangan memotong waktu jam tidur


Waktu tidur yang baik adalah 8 jam sehari, jadi jangan biasakan begadang hingga larut malam yang dapat mengubah jam tidur kamu, sehingga dapat mengganggu pola waktu tidur yang sehat.

Selain itu memotong waktu jam tidur akan berdampak buruk pada kita, contohnya dalam melakukan aktivitas kerja kita akan kesulitan dalam melakukan kegiatan kerja karena mata kita menggalami kelelahan yang disebabkan karena begadang, sehingga bisa menimbulkkan kecelakaan kerja yang diakibatkan karena kurang fokus bekerja.


5.Kurangi minuman yang mengandung kafein


Salah satunya adalah meminum kopi. Kopi memiliki kafein didalamnya yang membuat tubuhmu sulit untuk tidur sehingga tubuhmu akan terjaga dan dapat mengurangi waktu jam tidurmu. Sebaiknya jangan terlalu sering meminum kopi.


6.Jernihkan pikiranmu


Pikiran yang kacau dapat membuat otak stress dan dapat membuatmu sulit tidur, sebaiknya hilangkan pikiran yang membuat dirimu tertekan dan berpikirlah positif agar tidurmu tidak terganggu.

  

7.Berwudhu sebelum tidur


Khususnya bagi umat beragama islam sebaiknya sebelum tidur berwudhu terlebih dahulu, karena dengan berwudhu dapat merilekskan otot sebelum tidur sehingga dirimu bisa lebih mudah untuk tidur.

  

8.Membaca Doa sebelum tidur


Menurut agama Islam sudah dianjurkan jika ingin tidur harus berdoa terlebih dahulu. Tentunya jika kamu membaca doa maka kamu akan merasa aman dari gangguan setan dan jin yang membuat dirimu sulit untuk tidur.


Apabila kamu masih saja mengalami kesulitan untuk tidur bahkan sudah sulit untuk mengatasi insomnia akut alangkah baiknya segeralah temui dokter yang sudah ahli dalam dibidangnya. Sekian dari penjelasan artikel ini, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan juga TERIMAKASIH sudah membaca artikel ini.. :)

Comments

  1. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat untuk anda 😁😁 terimakasih...

    ReplyDelete
  2. Bagus nih artikel sangat membantu sekali mas
    trimakasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoo trimakasih mas arsyad sudah mengunjugi :D

      Delete
  3. wajib dicoba nih, tapi kalau urusan oleharaga susah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Sayang banget gan, usahakan untuk berolahraga walupun hanya sebentar

      Delete
  4. Ini saya banget. Sering Insomnia dan jarang olahraga. Maklum gan sibuk terus

    ReplyDelete
  5. Pantesan saya sering insom, ternyata jarang olahraga sama kurang tidur tohh. makasih ya gan sangat bermanfaat artikelnya :D

    ReplyDelete
  6. ane dah terlanjur aktif dimalam hari gan kalo siang tidur :v, artikelnya bagus gan, lanjutkan.

    ReplyDelete
  7. kalau obat alaminya seperti buah-buahan ada ga agn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan contohnya pisang, kiwi, apel, dan anggur

      Delete
  8. Bagus nih artikelnya, semangat terus menebarkan tips yg bagus ya :)

    ReplyDelete
  9. Bagi nih diparktekin, ane kadang kalau telat tidur rada susah

    ReplyDelete
  10. Ketemu juga artikel kayak gini

    ReplyDelete
  11. Terimakasih banget min untuk informasinya
    kadang saya juga sukang insomnia, boleh di praktikan nih!
    makasih!

    ReplyDelete
  12. Thanks infonya. Kadang trlalu brlbhan ane dlm belajar

    ReplyDelete
  13. Tambahin sikat gigi sebelum tidur biar makin nyenyak tidurnya hehe

    ReplyDelete
  14. Penyakit Insomnia terkadang menjangkiti para blogger, karena saking keasikan di depan layar komputer akhirnya lupa tidur hingga akhirnya lama2 sulit tidur, tidak jarang para blogger tidur di atas jam satu dini hari... Nah, mulai sekarang tips yang ini kayaknya cocok buat membatasi diri agar tidak terjangkit insom...thank info

    ReplyDelete
  15. sama ni. Aq klo tidur ga bisa masa 24 / hari cuma tidur 3 jam itu insomnia ato bukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan itu termasuk mengalami gangguan sulit tidur

      Delete
  16. gan mau nanya, kira2 jam tidur yg normal itu skitar jam brp ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led